Senin, 08 April 2013

Crew and Cast "SENJA" Short Movie

Pak Taufan pernah bilang, "kalo kamu nonton film jangan kamu selesai nonton pas filmnya udah abis, tapi paling engga kamu liat credit roll nya. itu bentuk penghargaan kita kepada semua crew yang bekerja dalam pembuatan film tersebut" Nah dari kutipan yang pernah disampaikan Pak Taufan, gue mau ngeshare foto foto  kru dan talenan serta pakta unik mereka! watch me....


  • Yap yang pertama adalah..... *jengjet* Si Director GALAU. Iyap ini gue, dan gue harus nulis tentang gue sendiri disini. aseli absurd. okidi karena gue harus fair akan gue tulis beberapa fact aneh tentang gue -_-
    • Name  : Rita Rafika Sari
    • NickName : Rapika, Kidiw (as u know i'm a widi's twins :p)
    • JobDesc: Tukang teriak teriak kalo dilapangan sama tukang nyuruh ini itu (Director)
    • Weird Fact : yang sering satu project bareng gue pasti tau gue pernah produksi film dokumenter,tapi naskahnya belom jadi eh syutingnya udah jalan -_- alhasil mentok ditengah jalan selain itu si director ababil ini suka banget yang namanya galau -_- gue juga engga  ngerti kenapa._. skip Kalo pada susah diatur pas dilapangan, dia langsung masan muka BETE biar yang lain langsung sadar posisi masing masing dan engga bercanda  lagi X)) absurd ya emang, itulah gue :))



  • Nah ini dia Bu Manpro galau seantero BRD. wah dia ngitungin uang produksi sambil galau nih jangan jangan. Pasti semua tauuuuuuuu!!! 
    • Name : Puji Astuti Lestari
    • NickName  : Astuti, Pujay, Jiji (u know is only a joke XD)
    • JobDesc : Tukang palak kru buat biaya makan sama keperluan produksi. yang ngurus proposal yang sampe ngeprint berkali kali. pemburu tanda tangan Bu Henny (ManPro) part time sih jd embak clapperboard
    • Weird Fact : kalo story telling punya gaya yang has, tangan nya itu loh kalo gerak gerak. ngomong cepet kayak kereta. hebring dan tebir. termasuk dalam kategori gagal mupon ._.V 



  • Ini adalah seorang Hijabers yang ada di kru gue, dia ini tugas awalnya adalah sebagai Sound Women tapi karena headphone selalu dipakai sama si Director Galau maka dia bertugas sebagai....
    • Name   : Vika Amalia Jesriani
    • NickName  : Amjes, Pika
    • Jobdesc  : Jepret sana sini cari muka kru yang manyun manyun (Photografer for BTS) 
    • Weird Fact  : apaya? gue juga bingung mau nulis apa. yang gue tau dia stich maniak -_- pika suka foto dirinya sendiri makanya disini gada foto candid nya dia zzzzzz



  • Kakak yang bertugas di bagian ini selalu sadar kamera! mungkin bisa kita kasih reward kru paling narsis dekade ini ahahaha
    • Name    : Emilia Safitri
    • NickName   : Emi, Miul
    • JobDes : Pengatur segala perlengkapan dan keperluan (Art Director) pencatat skrip, karena cuma dia yang tulisannya paling bagus yg lainnya absurd
    • Weird Fact : dia sadar kamera, bawa property kostum ditaro di tas yang biasa buat perlengkapan dance nya kalo manggung wkwk selama produksi dia selalu menjadi pemburu cucur X)) joki, makanya sangat bisa diandalkan terus newbie maniaknya Onad!


  • Dia dulunya tukang jepret juga tapi alih profesi jadi umbrella girl.
    • Name    : Ulfa Alani
    • NickName  : Bunda
    • JobDesc : ngurusin properti juga bantuin emi (Art Costume) 
    • Weird Fact   : telah dikabarkan Cinlok dengan salah satu talenan, tak tau itu hoax apa bukan. dia yang selalu nyedian plastik buat nampan cucur gara gara suka di ilangin sm si emi wk. Paling rajin bawa sarapan. semoga kamu ga galau lagi yaaaaaa XD #SalahFokus

  • Ini kakak yang bikin efek di muka Senja biar dramatis, sempet beberapa hari ga ikut prod gara gara jatoh dari motor -_-
    • Name   : Ratu Inggrid Utami Latuheru (apal)
    • NickName  : Atu Dua Tiga, Tamtam
    • JobDesc : Tukang nyiramin air ke mukanya si Senja tukang bikin efek kecapean lari (Make Up)
    • Weird Fact : Kalo prod suka pake celana pendek soalnya jeans nya dicuci, ketawa yang khas dan menggelegar, sangat membantu di bagian ke amanan, dan jago bikin efek kumel dari tanah. masih inget gak? dan suka pose kayak ceribel .-.V


  • Kakak yang ini jarang keliatan kalo di prod, sering absen dikarenakan suatu hal. dari sekitar 5kali produksi (jadwal prod kacau gaberaturan) seitungan gue dia dateng cuma dua kali. nih dia orangnya...
    • Name   : Angelia Putri
    • NickName  : Anjel 
    • JobDesc  : Lighting ---> Art ----> nah pas terakhir ikut gue produksi dan sebelum bummer rusak dia bagian bummer ( u can called Sound Girl :p)
    • Weird Fact : gue gaterlalu banyak tau, dia aja jarang ikut prod. ya bisa diajak kerjasama lah ya.. pernah gue omelin pas dilapangan gara gara udah ke record tp dia lupa pegangin bummer. Sorry ya it's just proffesionalisme me in my own job :)) Dia juga ga ikut farewell party gatau kenapa._.V haf payah foto dia yang sendiri gada lagi eh sekalinya ada mukanya ditutupin gitu -__- 


  • Dari tadi krunya cewe semua ya? nah ini adalah yang paling ganteng diantara kru tetap SENJA *ciegitu 
    • Name  : Andino Bima
    • NickName  : Bimbim
    • JobDesc  : First time gue taro dia di lighting. karena kru cewe semua gue kasih tanggung jawab dia dibagian keamanan juga.
    • Weird Fact  : apaya? suka pose kayak cover boy kalo di foto candid. gila nya udah akut kuadrat parah. Inget harlem shake ala kru dan talenan SENJA ? hahaha dia yang paling niat! 


  • Film kalo ga ada yang record mau ditonton apanya? ini dia dua orang penting dijabatan itu. Well karena di kru gue belum benar benar bisa menguasai masalah Director of Photography alhasil gue memanggil dua orang yang super baik dan hebat ini! 
    • Name  : Rizky Badillah
    • NickName  : Badil, Bedillah
    • JobDesc  : tadi udah gue kasih tau kan ya. Dia yang bantu dihari pertama produksi sama di hari terakhir produksi. 
    • Weird Fact : Pas hari pertama syuting, gue ga dapet izin buat syuting di pasar cipinang nah di cancel lah yg di set pasar. akhirnya nunggu siang buat take di MTs 25 eh pas mau berangkat malah hujan. Badil akhirnya menggelar konser dadakan di atas motornya sambil megangin DS buat dijadiin microphone. itu buat ngilangin strees pas prod. ada ada aja ya, eh tapi emang bener hahaha X))

  • Ini adalah campers kedua yang baik hati mau membantu produksi gue :D
    • Name  : Ramadhan Dita Ayuningtyas (anggun abis itu nama -_-)
    • NickName  : Dita, ditdit
    • JobDesc  : Campers dipertengahan gue produksi terhitung sudah lebih satu kali 1 project bareng gue:p
    • Weird Fact  : Lama kalo tidur, kalo vika samper kadang baru bangun bobo. Makan nya sama kayak porsi gue #YouShouldKnow selalu ngasih motivasi buat gue kalo gue udah capek dan strees banget di produksi. Gue curiga jangan jangan dia anaknya Mario Teguh ._.V suka pake koyo kalo abis gendong si Ganteng seharian. pencetus TIM SETRUM! XD oiya ketinggalan, matanya cuma segaris, sorry dit gue pajang pict yang ini. abisnya no pict = hoax :)) cheers!


Dari tadi udah bahas tentang semua kru, aturan tadi yang duluan cast nya ya? ahaha sekali kali gapapa dibalik soalnya kan gada kru film gajadi *benerin dasi. Sekarang kita bedah pakta unik dari semua tallenan gue! 

  • Yang muncul pertama di credits dan ini adalah orang yang penting di film gue...
    • Name  : Rully Juliana (menurut gue dari pertama casting, nama dia itu unyu *plak)
    • NickName   : Bebelac, Sosro ( gue heran kenapa harus pake label minuman?)
    • As  : SENJA
    • Weird Fact  : Pertama gue ketemu sama ini orang pas dia gue undang buat casting di kelas, gue kira dia orangnya pendiem, jaim dan ternyata gue salah besar HA HA HA. Gue langsung klik untuk milih dia jd main cast gue setelah dia gue suruh akting di scene ketemu si Ibu penjual kue! Asik rame hebring dan easy going! seketika itu pula dia terkenal di kalangan temen temen gue. "cie artis pilem senja ya kak? minta tanda tangan sama foto dong" ini part terNGAKAK. gue dikenalkan dengan sebuah istilah yang sampe sekarang gue ga faham maksudnya "LETEU!" oiya nih yang terakhir, pas gue ambil scene di pasar induk dia gue suruh jualan cucur dan teriak sekencengnya beneran! si bebelac mungkin rada malu kali ya soalnya disitu banyak yang kenal dia ahahaha. 


  • Langsung aja pasien berikutnya!
    • Name  : Kurniawan Ananda Putra (gatau ini nama KTP apa bukan)
    • NickName  : wawan
    • As  :  Preman Pasar 1
    • Weird Fact  : Serem orangnya pas baru pertama kali liat wkwk tapi ternyata... tampang security hati HelloKitty :P Penggila game. Sepatu yang di pake pas prod gilaaaaa, lo tau sepatu satpam? nah kurang lebih kayak gitu. dia gaperlu pendalaman peran karena memang sudah sangat cocok! tukang tidur, kebo kuadrat. tukang modusin sama gombalin kru kru gue -_- ada ada aja kelakuan tallenan gue yang ini. Hari pertama prod kan dia take paling terakhir alhasil dia bantuin di bagian keamanan, dia jagaiin nampan yang isinya 30cucur dan duduk senderan didepan tembok rumah orang, dikira orang lewat dia dagang beneran X)) 

  • Yuk dilanjut ke tallenan gue yang nomer 3! 
    • Name  : Salam (only it)
    • NickName  : Lamsa (namanya dia dibalik aja)
    • As  : Preman Pasar 1's partner (biar kerenan dikit)
    • Weird Fact   : ada aja yang dilawakin dengan sebuah kalimat "lah iya yak" kalian baca nya harus dengan sedikit medok. gue gatau di asli dari mana tapi menurut gue dia punya logat yg khas. Jajan dulu sebelum ambil take, ga tau karena dia laper apa emang makan terus? pas take di MI dia jajan rujak, pas di pasar induk dia jajan es selendang mayang. anak ini suka memelesetkan fungsi alat yang kita pake buat produksi. salah satu contohnya dia nge-imajinasiin tripod jadi tembakan gitu mungkin maksutnya basoka atau apa gue ga ngerti. pasti ini efek dari keseringan game online, makhlum dia AWAR AnakWARnet! XD


  • Talenan gue yang ini selalu aktif hadir kalo gue ngadain rapat dadakan di depan cafe sekolah (baca: warung uni) walaupun dia bukan main cast tapi dia selalu ada walaupun engga ngambil take soalnya dia nemenin sahabatnya si Bebelac
    • Name  : Rochman Nugroho
    • NickName  : Rohman, Maman
    • As  : Preman Kartu 1
    • Weird Fact  :  Pertamanya dia emang ga ikutan buat casting dia cuma nemenin Bebelac aja kesekolah gue (cie setia amat :p) akhirnya gue ajak aja buat ikutan juga, dari pada dia cuma nganter doang tapi ga ikut apa apa. Pernah dikira TNI di SPBU "mau dinas kemana pak?" |"masih sekolah saya!-_- aseli absurd momen abis. suka joget joget dan pasang pose gajelas salah satunya pose koala pasar induk ._.V nah yang terakhir telah dikabarkan cinlok dengan salah satu kru gue! hayo tebak :P

  • NEXT!
    • Name  : Jainal Arifin
    • NickName  :  Inal
    • As  :  Preman Kartu 2 (anaknya preman kartu 1)
    • Weird Fact  :  dia ini temen gue satu jurusan semua juga tau kalo dia kerjaannya ngelawak melulu, makanya di sela sela take dia selalu ada aja yang dijadiin bahan lawakan. entah joget joget dengan tangan yang satunya dimasukin ke jaket -_- kalo menurut gue itu lebih mirip kayak mainan wayang kulit wakakaka suka ketawa dan minta di cut pas udah record garagara ketawa melulu -_- :D pose kayak boyben ._.V


  • Yiha, masih semangat baca post gue yang ini? 
    • Name  :  Hari Purwanto
    • NickName  : One2 (gue liat dr baju futsallnya)
    • As    :  Preman kartu 3 (sepupunya preman kartu 2)
    • Weird Fact  :  tukang tawa sama kayak inal. sekian



Kesimpulan dari semua yang udah gue tulis postingan ini adalah kita dalam suatu produksi sama hal nya dalam suatu keluarga. Saling bantu satu sama lain hingga terselesaikannya film pendek sederhana ini. Gue pribadi juga merasa kurang mespesifikasikan kru kru gue kedalam suatu Job Description yang kongkrit. Mengapa demikian? diluar dengan jumlah anggota yang terbatas dalam sebuah penggarapan film, yang mau gue fungsikan atau gue tonjolkan disini adalah A SOLID TEAM WORK karena membangun kemistri antara kru satu dengan yang lain lumayan susah soalnya baru kali ini project bareng gue, dan mereka harus ikutin sistim yang gue terapin di kelompok produksi ini. Dan gue yakin setiap Sutradara punya cara cara tersendiri dalam membuat sebuah project. Terakhir adalah penggarapan film pendek  tugas akhir ini gue jadiin media untuk saling share ilmu satu sama lain. Gue nagajarin mereka ini, mereka ngajarin gue itu, sama sama masih belajar masih filmmakker amatiran. Pesen dari gue buat gue sendiri dan yang lainnya adalah "Tetap rendah hati, karena di atas langit masih ada langit" Semoga next project bisa lebih baik lagi aminnnnn. 


Makasih udah baca dari awal gue rasa ini postingan terpanjang pertama gue setelah bekali kali nge blogging. Thank You! SALAM PANTANG PULANG SEBELUM KELAR!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar